Monday, February 23, 2015

Cara Mudah Mengatasi Hasil Fotocopy Bergeser

Cara Mudah Mengatasi Hasil Fotocopy Bergeser adalah postingan yang akan saya bagikan pada kali ini. Memang sudah tidak dipungkiri lagi jika mesin fotocopy sering mengalami kerusakan atau tidak stabil, maka dari itu Anda dituntut untuk menjadi teknisi amatir bagi usaha Anda sendiri, agar Anda tidak terus-terusan memanggil teknisi langganan Anda. Tentu jika Anda bisa memperbaiki mesin sendiri menjadi nilai lebih, karena bisa meminimalisir pengeluaran Anda.

Hasil fotocopy bergeser memang membuat kita frustasi dalam mengoperasikan mesin fotocopy kita, terlebih bagi yang baru didunia fotocopy center. Sebenarnya hasil fotocopy bergeser itu terdapat beberapa kemungkinan, bisa karena spare partnya yang kurang tepat dan bisa juga karena programnya yang tidak sesuai. Nah untuk itu berikut ini yang menyebabkan hasil fotocopy yang bergeser atau kurang pas.

1. Yang pertama kali Anda lakukan yaitu coba cek regist rollnya (letaknya di bagian bawah developer unit). Kalau karetnya registnya sudah rusak, maka mau tidak mau harus diganti yang baru. Karet Rol regist ini sangat berpengaruh sekali pada saat start kertas ke area drum untuk dicopy. Biasanya kalau karetnya rusak, maka kertas terlambat jalan sehingga se olah-olah hasil fotocopy bergeser. 

Yang Saya Beri Tanda Merah ini Adalah Karet Roll Regist

Perbedaan antara Karet Roll Regist yang masih bagus dan yang rusak adalah sebagai berikut:

  • Kalau yang masih bagus maka Karet Roll Regist ini terasa agak kasar dan diameternya masih utuh  
  • Kalau yang rusak atau sudah tidak stabil ini ciri-cirinya karet tersebut terasa licin, dan pecah-pecah serta diameternya sudah mulai mengecil


Kalau setelah Anda cek namun Karet roll regist ini masih dalam keadaan baik, namun hasil masih saja bergeser, maka coba dengan cara nomor 2 dibawah ini.

2. Hasil fotocopy yang bergeser juga bisa disebabkan karena tempat kertas yang kurang pas, jadi Anda perlu mengatur agar sesuai, karena jika tempat kertas ini tidak pas, maka ketika kertas mulai jalan ke atas, otomatis kertas ini juga ikut bergeser, untuk mengaturnya Anda bisa utak-atik bautnya dengan obeng,  Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Fotocopy Bergeser
sumber gambar: easyfotocopy.wordpress.com


3. Jika setelah Anda melakukan cara nomor 1 dan 2 namun masih saja hasil fotocopy Anda bergeser atau miring, maka cobalah cara berikut ini;

  • Mungkin juga disebabkan karena marginnya, untuk itu silakan Anda tekan *28* (Ketika menekan angka 2 dan 8 harus bersamaan) 
  • Kemudian tekan Adjust, lalu kurangi atau tambah LE Blank dan TE Blank
  • Test copy dan coba terus coba sampai benar-benar pas.


Semoga postingan saya tentang Cara Mudah Mengatasi Hasil Fotocopy Bergeser atau miring ini bermanfaat. 




Artikel Terkait

Cara Mudah Mengatasi Hasil Fotocopy Bergeser
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email