Cara Mengatasi Error E020 Pada Mesin Fotocopy Canon

mesin fotocopy mengalami error E020, dikarenakan tidak ada suplai toner yang masuk pada area drum. Awal mula dari permasalahan E020 ini dikarenakan hopper dan developer tidak bekerja secara sempurna

Daftar isi [Tampil]
Cara Mengatasi Error E020 Pada MesinFotocopy Canon adalah postingan saya pada kesempatan kali ini. Jika mesin fotocopy sedang mengalami error E020, maka ini disebabkan karena tidak ada suplai toner/tinta yang masuk pada area drum. Awal mula dari permasalahan E020 ini adalah karena hopper dan developer tidak bekerja secara sempurna dalam memproses toner.

Fungsi dari hopper adalah wadah toner yang mana tugasnya untuk menyuplai toner ke area developer. Adapun fungsi dari developer adalah wadah toner yang mana tugasnya untuk menyuplai ke area drum. Nah jika komponen-komponen itu tidak berjalan dengan baik, maka mesin fotocopy mengeluarkan kode kerusakan E020. Jadi, urutan dari toner yang masuk ke area drum adalah dari hopper lalu diteruskan ke developer yang mana akan diteruskan ke area drum.

Mengatasi Error E020 Fotocopy
Bagaimana Cara Mengatasi Error E020 Pada Mesin Fotocopy Canon

Berikut ini adalah faktor-faktor apa saja yang mengakibatkan masalah seperti diatas.

1. Toner pada hopper telah mengeras yang mengakibatkan toner tidak bisa menyuplai ke developer, sehingga mengakibatkan kerja motor pada hopper tersebut menjadi sangat berat.

2. Gear pada motor hopper sudah aus atau ada yang pecah sehingga tidak bisa berjalan dengan sempurna.

3. Sensor pada hopper dan developer ada yang rusak atau kawat yang fungsinya untuk menghapus pada bagian dinding sensor developer tidak bekerja atau bahkan sedang lepas.

4. Terdapat Konsleting pada motor dinamo hopper sehingga menyebabkan rusaknya transistor pada DC Control yang fungsinya adalah untuk menggerakkan motor dinamo hopper.

Lalu bagaimana cara memperbaiki permasalahan seperti di atas? berikut ini adalah tips yang bisa saya berikan untuk Anda tentang mengatasi kode kerusakan error E020 pada mesin fotocopy canon.

Cara Memperbaiki Mesin Fotocopy Yang Muncul Kode Error E020

1. Bersihkan toner yang ada pada hopper.

2. Cek semua komponen-komponen yang sudah saya jabarkan seperti diatas, jika dirasa komponen-komponen seperti diatas tidak terjadi masalah, maka lakukan langkah selanjutnya yakni bersihkan toner yang ada pada developer.

3. Kabel-kabel konektor juga perlu dicek dan gear-gear pada saluran hopper dan developer juga perlu dicek dan dibersihkan, karena biasanya toner telah menyumbat pada area ini, yang mengakibatkan macetnya toner masuk ke area developer.

4. Sementara itu Anda juga perlu untuk memperhatikan kualitas toner yang Anda pakai. Baca juga 5 Cara Memilih Toner Fotocopy Yang Bagus dan Awet

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Error E020 Pada Mesin Fotocopy Canon IR ini saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih. 




2 Responses to "Cara Mengatasi Error E020 Pada Mesin Fotocopy Canon"

  1. Terimakasih atas penjelasan yg diberikan sangat membantu dan sanagat lengkap

    ReplyDelete
  2. Maaf mau nanya
    Printer saya pixma mp198, klau saat copy kok gak bisa full yah
    Katanya atur di fit to page nya
    Nmun saya kurang paham, apa bisa di bantu?
    Terima kasih

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Silakan Subscribe Channel Saya